Tuesday, December 19, 2006

ADB menyediakan pinjaman US$50 juta untuk Madrasah

Asian Development Bank (ADB) akan memberikan pinjaman kepada Indonesia sebesar US$50 juta guna memperbaiki kualitas sekolah Islam di kantung-kantung kemiskinan pedesaan. Banyak madrasah akan gagal dalam memenuhi standar pendidikan nasional jika tidak adanya investasi tambahan di bidang pendidikan.
Dana ADB tersebut akan digunakan untuk meningkatkan kualitas guru, pengembangan buku sekolah dan materi pengajaran lain, serta memperbaiki fasilitas dan peralatan pendidikan. Dana itu juga dapat digunakan untuk program beasiswa, khususnya pelajar putri yang miskin yang tujuannya meningkatkan partisipasi pendidikan dan menurunkan tingkat putus sekolah.

Proyek yang akan didanai oleh ADB tersebut akan mencakup 500 madrasah meliputi 120.000 pelajar di 27 kecamatan yang tergolong miskin di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Pemerintah Indonesian juga akan memberikan kontribusi sebesar US$21,4 juta bagi proyek pendidikan ini yang total biayanya diperkirakan mencapai US$71,4 juta.

Proyek yang sangat bagus dan mulia memang, namun seperti biasanya kita harus wanti-wanti “beware of the corruption practices !”, jangan sampai ingin “untung malah jadi buntung”. Ingat dana ADB itu walaupun bersifat bantuan, tapi tetap saja pinjaman alias hutang!

No comments: