Wednesday, December 20, 2006

Hamburger satu juta rupiah di Jakarta…wow

Hotel berbintang Four Seasons yang terletak di jalan HR Rasuna Said Jakarta menjual hamburger seharga sekitar satu juta rupiah (US$110). Bahan-bahan yang digunakan antara lain Kobe beef dengan foie gras, Portobello mushrooms dan Korean pears yang akan disajikan dengan “french fries” (kentang goreng). Hotel ini telah menjual sebanyak 20 hamburger yang “super” mahal ini bagi kantong orang Indonesia kebanyakan.

Satu burger menghabiskan 225 gram Kobe beef. Harganya menjadi mahal karena aromanya memang sangat beda. Daging sapi muda Kobe mahal karena mendapat perawatan khusus: anak sapi tersebut minumannya adalah bir dicampur dengan susu dan vitamin dan makanannya rumput yang bebas pestisida. Seluruh bahan yang digunakan berkualitas tinggi dan diimpor , itulah sebabnya harganya sangat mahal. Bandingkan dengan upah UMR di negeri ini yang hanya sekitar $40 per bulan. Jadi jika ingin makan hamburger ini, upah selama lebih dari tiga bulan harus ditabung!

Namun perlu diingat, sejumlah kecil orang Indonesia adalah orang terkaya di Asia, jadi wajar bila hamburger itu laku juga toh!

1 comment:

ophoeng tbk said...

Hai, apakabar? Sudah makan?

Cuma penasaran saja ttg hamburger Rp 1 juta ini, saya pernah baca di Kompas entah kapan, katanya daging burger yang dipakai seberat 800 gram (8 ons), ini mungkin keliru dari ukuran oz yang memang dibacanya ons, tapi kalau 8 oz, setara dengan sekitar 225 gram seperti anda bilang.

Tapi, coba anda baca di sini: http://www.komunitas-ibii.com/forum/food-and-lifestyle/563-burger-rp-1jt.html

Di situ disebutkan dagingnya seberat 7 ons, nah ini maksudnya 7 oz (sekitar 200 gram) ataukah 7 ons = 700 gram.

Jadi, yang benar yang mana nih ya? Standar sepotong steak di resto, umumnya adalah 200 gram-an. Kalau benar 700 atau 800 gram, harga Rp 1 juta memang ya pas untuk daging wagyu Kobe beef, lha katanya diterbangkan langsung dari Jepang, pakai montor mabur, jeh!

Salam makan enak,
Ophoeng, BSD City